Apa Sih Penyebab Skin Barrier Rusak dan Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Skin barrier atau lapisan terluar kulit memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit kita dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kulit, seperti debu, bakteri, polusi, dan juga radiasi sinar UV. Jadi, skin barrier tuh seperti pagar penjaga kulit kita. Kalau skin barrier rusak maka tidak bisa berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit dari faktor-faktor seperti yang aku sebutkan tadi. Hal yang bisa terjadi kalau skin barrier rusak itu kulit menjadi kering seperti ketarik, mudah iritasi, mudah muncul kemerahan dan terjadi peradangan, dibeberapa case merasakan kulit semakin berminyak.

penyebab skin barrier rusak cara memperbaiki skin barrier sheilla utama

 
 
Ada beberapa hal yang jadi penyebab rusaknya skin barrier babes, coba check dibawah ini apakah kamu ngelakuin salah satunya?

  • Over Exfoliating, eksfoliasi kulit memang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dari sel-sel kulit mati atau kotoran lainnya tapi kalau kamu ngelakuinnya secara berlebihan itu gak baik buat kulit babes, karena bisa mengikis lapisan terluar kulit.
  • Terpapar sinar matahari dalam waktu lama tanpa menggunakan sunscreen, babes how many times should I tell you that wearing sunscreen is a must! Sinar matahari emang banyak manfaatnya untuk kesehatan tapi kalau terpapar matahari tanpa perlindungan justru bisa memberikan efek samping yang gak bagus untuk kesehatan.
  • Kandungan skincare yang terlalu harsh, menggunakan product skincare dengan kandungan yang "keras" bisa membuat kulit iritasi dan membuat skin barrier rusak babes. Jadi yuk semakin aware dengan kandungan yang kita gunakan sehari-hari.
  • Faktor usia, hal ini sih gak bisa kita hindarin ya babes hehe tapi bisa kita , semakin kita bertambah umur maka kekuatan skin barrier kita menjadi melemah.
  • Tidak menjaga kelembaban kulit, aku sering nih denger cerita dari temen-temen yang punya kulit berminyak juga seperti aku kalau mereka selalu skip penggunaan moisturizer karena ngerasa kalau kulit berminyak berarti udah lembab, atau males pake moisturizer karena greasy dan heavy di kulit. Babes, kulit berminyak tetap butuh pelembab, kulit berminyak bukan berarti udah lembab, kulit lembab itu karena kadar air tercukupi. Nah yang males pake moisturizer karena greasy atau heavy di kulit, kamu bisa pakai moisturizer yang ringan di kulit yaa.
 
 
Shil, skin barrier aku rusak nih.... Eotteokeeee? Uljima babes, jangan menangis jangan bersedih, kamu bisa lakuin hal-hal dibawah ini yaa untuk memperbaiki skin barrier kamu lagi:
 
  • Menjaga hidrasi dan kelembaban kulit, dengan mengembalikan hidrasi dan kelembaban kulit maka skin barrier dapat kembali menjadi sehat. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan yang berfungsi menghidrasi dan melembabkan, contohnya seperti produk dari Bioderma yang udah aku review di postingan sebelumnya. (Click here)
  • Menjaga pH kulit, salah satu caranyanya dengan menggunakan toner setelah mencuci wajah, karena fungsi toner itu bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit babes.
  • Exfoliate secukupnya, inget jangan over yaa, kamu bisa eksfoliasi kulit cukup 2-3x aja seminggu.
  • Pakai sunscreen, mau kamu berkativitas di luar ruangan atau pun di dalam, tetap gunakan sunscreen yaa.
Nah hal-hal diatas bisa kamu lakuin ya untuk mengembalikan kesehatan skin barrier agar skin barrier bisa berfungsi dan menjalankan tugasnya dengan baik.
 
Thank you for reading and see you on my next post!
 
xx,
Sheilla Utama
 
 

You Might Also Like

0 komentar