Best Drugstore Face Wash - Oily & Acne Prone Skin

by - July 10, 2020

Best Drugstore Facial Wash for Oily Skin


Face Wash adalah produk yang penting dalam skincare routine kita, karena produk ini berada dalam step pertama yang mampu membersihkan dan mengangkat kotoran di kulit wajah kita. Kalau tidak membersihkan kulit wajah secara benar maka produk skincare selanjutnya yang akan kita gunakan tidak akan menyerap secara sempurna ke dalam kulit.

Mencari Face Wash untuk kulit berminyak, cenderung berjerawat dan rentan clogged pores memang tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti ingredients/kandungan, texturenya, apakah mengandung butiran scrub halus/kasar atau tidak sama sekali. Bagi pemilik kulit berjerawat disarankan tidak menggunakan produk yang mengandung butiran scrub, unless butiran scrubnya halus atau micro scrub, karena butiran scrub yang cenderung kasar dapat mengiritasi kulit dan memungkinkan memperparah peradangan jerawat. Aku sendiri pun pernah mengalaminya, dari kejadian itu aku sampai saat ini mengurangi produk yang mengandung butiran scrub yang agak kasar.

Aku pribadi termasuk orang yang lebih suka menggunakan produk drugstore, alasannya kualitas brand sudah terpercaya, BPOM approved, produk lebih mudah didapatkan dan kita bisa melihat-lihat dahulu ingredients yang ada didalam suatu produk. Dari sisi hargapun lumayan terjangkau/affordable, ya walaupun ada saja produk yang harganya tidak dibilang terjangkau.

Berikut ini adalah Best Drugstore Face Wash untuk Clogged Pores, Oily & Acne Prone Skin berdasarkan pengalamanku:


-L’oreal White Perfect Extraordinary Whip
Produk ini memang tidak dikhususkan untuk kulit berminyak atau pun berjerawat tetapi produk ini cocok di kulitku. Berawal dari baca review teman-teman di Female Daily yang cukup bikin aku penasaran dan akhirnya memutuskan untuk beli dan coba. Keadaan kulit wajah aku saat itu bisa dibilang lumayan parah, jerawat lebih dari 5, bruntusan, dan banyak noda bekas jerawat.

Packagingnya botol tube dengan tutup flip. Texturenya thick dengan ada butiran kecil sea salt (berfungsi untuk eksfoliasi kulit wajah). Walau ada butirannya tetapi tidak harsh dikulit, busa yang keluar banyak dan lembut, setelah pemakaian ada rasa kesat tapi tidak ketarik atau bikin kering. Kandungan utamanya yaitu Sea Salt dan Bergamot Extract yang berfungsi untuk membersihkan secara mendalam kotoran, debu, minyak, residu make-up, membuat kulit halus, cerah, dan menjaga kelembaban kulit.

Aku pakai L’oreal White Perfect Extraordinary Whip ini sudah satu tahun, kalau tidak salah tiga kali repurchase. Hasilnya diatas ekspektasi aku, kulit menjadi jauh lebih bersih, jerawat jarang muncul dan jerawat yang ada berangsur membaik, bekas jerawat kemerahan dan kecoklatan diwajah aku berkurang drastis. Bruntusan didahi aku juga lumayan berkurang, dan kulit aku menjadi lebih lembab.

-Himalaya Purifying Neem Face Wash
Siapa yang tidak tahu produk ini, banyak dijual dipasaran dan tentunya banyak review positive di internet juga. Produk ini adalah satu face wash untuk kulit berjerawat yang sangat lembut dan tidak membuat kulit wajah kering atau kesat dengan kandungan herbal.

Packagingnya plastik dengan tutup flip yang kuat, jadi tidak mudah terbuka. Texturenya gel berwarna hijau dengan scent herbal yang bikin relax. Saat dibasahkan dengan air busa yang keluar hanya sedikit saja. Aku lumayan boros pakai face wash ini, karena merasa busanya tidak ada jadi aku selalu tambahkan produknya lagi agar terasa bersih hehe. Berdasarkan pengalaman aku produk ini lebih cocok dijadikan second cleanser ya, karena dalam mengangkat kotoran terdalam atau mengangkat sisa makeup kurang ampuh kalau single-use. Dengan kandungan herbal yaitu neem / daun nimba dan kunyit yang memang berfungsi untuk mencegah jerawat dan anti bakteri.

Hasil yang aku dapatkan kulit wajah aku lembab, tidak terasa kesat, kering atau ketarik, bruntusan diwajah berkurang dan jerawat jadi jarang muncul. Produk ini sangat gentle dikulit wajah, apalagi kalau lagi ada patches diwajah dan tidak bisa pakai sembarang face wash karena pasti perih kan, nah Himalaya Purifying Neem Face Wash ini andalan aku karena bisa membersihkan wajah tanpa bikin perih dan membuat kulit semakin kering.

-Hada Labo Tamagohada Mild Peeling AHA + BHA Face Wash
Awal memilih menggunakan Hada Labo Tamagohada Mild Peeling AHA + BHA Face Wash karena ada kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) + BHA (Beta Hydroxy Acid) yang bagus untuk kulit berjerawat dan selain itu dari hasil research produk-produk Hada Labo tidak menggunakan parfum, pewarna dan alkohol. Klaim dari produk ini dapat mengangkat minyak/kotoran yang menyumbat kulit, membuat kulit menjadi halus, bersih dan juga dapat mengeksfoliasi secara ringan.


Packagingnya tube dengan tutup flip, dominan berwarna biru muda seperti telur asin. Texturenya creamy dan saat dibasahkan dengan air busa yang keluar hanya sedikit. Setelah pemakaian kulit wajah terasa lembab, licin, dan tidak kesat atau ketarik.

Hasilnya kulit aku jadi lebih bersih, dapat mengatasi clogged pores, kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Mungkin karena "mild peeling" itu ya jadi pori-pori tersumbat dan sel kulit mati dapat terangkat. Komedo aku berkurang banget dan karena kotoran dalam pori-pori terangkat jadi membuat tampilan pori-pori mengecil karena sudah bersih.

-Illuminare Refresh Facial Wash Acne Defyer
Brand dari Jepang ini memiliki beberapa series, yang aku coba sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kulit aku yaitu Acne Defyer, dikhusukan untuk kulit berjerawat. Setahu aku produk ini hanya bisa didapatkan di satu drugstore dan E-commerce (please correct me if I’m wrong).

Packagingnya plastik tube dengan warna dominan putih dan hijau sebagai penanda Acne Defyer Series dengan penutup model putar, tentunya tidak perlu takut tutupnya tiba-tiba terbuka atau isi produk tumpah ya karena cukup aman dengan model packaging seperti ini saat dibawa berpergian. Hanya untuk ukurannya jika dibawa berpergian memang agak sedikit makan tempat, kalau aku saat traveling selalu memindahkan sedikit produk ke botol kecil agar tidak makan tempat.

Texturenya agak thick dan saat dibasahkan dengan air, busa yang keluar lembut dan lumayan agak banyak. Setelah pemakaian kulit wajah terasa kesat dan bersih, kotoran dan minyak diwajah terangkat semua, kesat disini tidak seperti ketarik ya. Kandungan utamanya ada Salicylic acid, Scutalleria Baicalensis root, Camelia Sinensis leaf, dan Glycine Soja (Soybean) Seed Extract yang berfungsi untuk mengatasi jerawat, membersihkan dan mengangkat kotoran diwajah.

Aku sudah menggunakan Illuminare Refresh Facial Wash Acne Defyer sampai habis, satu tube ini dapat aku gunakan kurang lebih 4 bulan, digunakan pagi dan malam. Hasilnya jerawat diwajah jadi jarang muncul, bisa control sebum dikulitku, dan bikin bruntusan aku pun berkurang.

Review ini berdasarkan pengalaman aku pribadi dengan permasalahan kulit berjerawat dan berminyak. Hasil yang didapatkan belum tentu sama ya teman-teman, balik lagi ke kulit kita masing-masing karena produk skincare cocok-cocokan juga, tapi aku merekomendasikan beberapa face wash ini untuk teman-teman yang mungkin memiliki permasalahan kulit yang sama seperti aku, dan semoga cocok juga ya.

Thank you for reading.
See you on my next post.

xx
Sheilla Utama

Instagram       : @sheillautama
Youtube          : Sheilla Utama
Female Daily : Cillasau
SOCO            : Cillaau

You May Also Like

11 komentar

  1. Makasih kak buat review nya & sangat2 membantu banget review nya buat kita2๐Ÿค—๐Ÿค—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udah mampir dan baca post aku ya ๐Ÿ˜Š

      Delete
  2. Wahhh aku pakai himalaya nih dan dia cocok buat kulit oily aku๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca2 banyak juga yg cocok sama Himalaya yaa ☺️

      Delete
  3. Seneng nemu blog yg skincare nya pas sm type kulitkuuu ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  4. Wahhh akhirnya nemu blog ka Sheilla Utama uwuuuu❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  5. Cocok gak sih buat kulit berminyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sesuai judulnya, ini rekomendasi face wash untuk kulit berminyak... review diatas berdasarkan pengalaman aku yg skin type-nya berminyak ๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Thank for reviewnya kak Cilla ๐Ÿ–ค

    ReplyDelete