Azelaic Acid, Kandungan Untuk Kulit Berjerawat dan Bekas Jerawat

by - May 29, 2020

Adakah disini yang mengalami permasalahan kulit berjerawat, bekas jerawat kemerahan/kecoklatan, bruntusan, pori-pori tersumbat? Sudah mencoba berbagai kandungan skincare seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, dan tea tree oil tapi tidak kunjung membaik? Atau justru mengalami iritasi seperti kulit mengelupas dan jerawat semakin menyebar? Nah, mungkin kalian memang tidak cocok dengan kandungan yang aku sebutkan diatas. Tenang babes, kandungan untuk kulit berjerawat yang ampuh tidak hanya itu saja, kalian bisa mencoba kandungan Azelaic Acid.
Azelaic Acid Kandungan untuk Jerawat Ampuh

Azelaic Acid adalah asam yang terbentuk dari bahan alami biji-bijian yaitu gandum. Azelaic Acid termasuk dalam kandungan acid (asam) yang aman untuk kulit wajah kita lho, termasuk untuk yang memiliki kulit sensitif. Kelebihan dari Azelaic Acid yaitu asam ini memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan temasuk dalam gentle exfoliant yang mampu membersihkan pori-pori tersumbat, mengangkat kulit mati, mendorong pergantian sel kulit, mengobati jerawat beserta, mengurangi noda bekas jerawat kemerahan/kecoklatan, dan juga anti oksidan.

Selain itu kelebihannya memiliki pH yang kurang lebih sama seperti pH kulit manusia, sekitar 4,9. Dengan begitu kandungan ini dapat menjaga keseimbangan pH kulit kita agar kulit tetap sehat. Hanya sama seperti acids lainnya, cocok tidaknya dan reaksi yang ditimbulkan entunya berbeda-beda. Reaksi yang ditimbulkan dari Azelaic Acid yaitu kemerahan dan juga gatal. Rata-rata produk dengan kandungan Azelaic Acid didalamnya yaitu sekitar 10% - 20%. Kandungan Azelaic Acid yang boleh digunakan kulit maksimal 20% ya, jika lebih dari itu mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Aku sendiri tidak cocok dengan kandungan benzoyl peroxide dan sudah mencoba kandungan Azelaic Acid sejak tahun 2019, dan bisa dibilang kandungan ini adalah salah satu holy-grail dalam perubahan kulit wajah aku. Hasil yang aku rasakan yaitu pori-pori aku yang tersumbat menjadi bersih, bekas jerawat kemerahan dan kecoklatan dikulitku berkurang, dan jerawat di kulit wajahku berkurang drastis. Sel-sel kulit mati terangkat dengan gentle, tidak merasakan kulit mengelupas atau perih. Efek shooting dan calming-nya juga dapat aku rasakan.

Jika kalian ingin mencoba produk dengan kandungan Azelaic Acid aku sarankan untuk pertama kali pemakaian dua hari sekali atau tiga hari sekali, agar kalian bisa melihat efek yang muncul. Jika setelah itu tidak ada reaksi negatif yang muncul, kalian bisa lanjutkan penggunaannya setiap hari ya.

Produk yang aku gunakan dengan kandungan Azelaic Acid adalah The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%. Awal pemakaian dua hari sekali selama 2 minggu, setelah aku lihat tidak ada reaksi negatif maka aku lanjutkan pemakaian setiap hari hanya pada malam hari saja. Hasil perubahan mulai terlihat setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian. Ya, kita harus sabar dan menikmati prosesnya, karena aku percaya kandungan yang baik untuk kulit tentunya butuh waktu dan proses.

So, untuk kalian yang mungkin tidak cocok menggunakan kandungan benzoyl peroxide seperti aku, bisa banget coba kandungan Azelaic Acid ini.

xx
Sheilla


Instagram: @sheillautama
Youtube: Sheilla Utama


You May Also Like

2 komentar

  1. Aku pakai juga TO azelaic acid itu beneran sesuai claimnya hasilnya bekas jerawat yang udah agak lama mulai pudar suka banget๐Ÿ’–๐Ÿ’–

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau nih kak tntng si azelaic acid ini & trnyata azelaic acid ini bagus banget untuk mngatasi brbagai permasalahan kulit. Makasih banyak kak cilla untk review nya skrng aku jd tau kelebihan azelaic acid ini apa aja๐Ÿค—๐Ÿค—.

    ReplyDelete